ANALISIS DESAIN POSTER FILM VINA SEBELUM 7 HARI
Adzra Ayu Luthfiyah
Program Studi
Desain Komunikasi Visual,
Fakultas Seni dan
Bahasa, Universitas Indraprasta PGRI
Jl. Nangka Raya
No.58 C, RT.7/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan,
DKI Jakarta 12530
Abstrak
Poster film memliki
peranan penting dalam promosi sebuah film. Dimana poster film menjadi identitas
dari film yang disajikan melalui tipograsi, warna tata letak dan ilustrasi
poster. Film vina sebelum 7 hari menjadi
salah satu film horor yang diangkat berdasarkan kisah nyata pada seorang siswi
di Cirebon tahun 2016 silam. Menjadi cerita yang ramai diperbincangkan banyak
orang, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain poster film Vina
sebelum 7 hari berdasarkan cerita film. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif
yang bersifat deskriptif berdasarkan teori semiotika Roland Barthnes. Dimana hasil penelitian ditemukan makna denoatif dan konotatif antar elemen
desain yang saling berkaitan sehingga sebuah informasi dapat tersampaikan mengenai
kisah nyata yang dialami Vina di tahun 2016.
Kata kunci :
Semiotika, Poster Film. Film Vina Sebelum 7 Hari
Abstract
Film posters have an important role in the promotion of a film. Where the movie poster becomes the identity of the film presented through typography, colour layout and poster illustrations. The film vina before 7 days became one of the horror films based on a true story of a schoolgirl in Cirebon in 2016. Being a story that is discussed by many people, this research aims to analyse the design of Vina's movie poster before 7 days based on the film's story. The research was conducted using a descriptive qualitative method based on Roland Barthnes' semiotic theory. Where the results of the research found denoative and connotative meanings between design elements that are interrelated so that information can be conveyed about the true story experienced by Vina in 2016.
Keywords: Semiotics, Film Poster. Film Vina Before 7 Days
PENDAHULUAN
Film adalah satu media massa komunikasi dalam bentuk
audio visual yang memiliki konsep cerita dan dianggap ampuh dalam menyampaikan
komunikasi terhadap massa yang menjadi sasarannya (Effendy, 2000). Hal ini
karena sifatnya yang audio visual, dapat menyajikan banyak cerita dalam waktu
singkat, dan mampu mempengaruhi penonton seakan akan dapat menembus ruang dan
waktu. Film dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan dalam bentuk
informasi edukasi dan hiburan melalui plot cerita yang disampaikan oleh penulis
skenario kepada penonton.
Film Vina Sebelum 7 Hari merupakan sebuah film
horor Indonesia tahun 2024 yang diangkat berdasarkan kisah nyata pembunuhan Vina
oleh sekelompok geng motor. Dimana kisah dari kasus ini sempat viral pada tahun
2016 silam. Serta kini ketika film ditayangkan, kembali ramai diperbincangkan
karena banyak kejanggalan dan kontroversial dalam kasusnya. Anggy Umbara, sang
sutradara berpenadapat bahwa alasan film ini dijadikan film untuk mencari
keadialan bagi Vina serta pembelajaran dan peringatan bagi masyarakat luas agar
saling menjaga terhadap sesama.
Meskipun
telah ramai diperbincangkan, dalam upaya mendapat respon positif dari
masyarakat. sebuah film yang akan ditayangkan tentu saja melakukan berbagai
bentuk kegiatan promosi. Promosi yang biasa dilakukan untuk mempromosikan film
adalah iklan, direct marketing, internet
marketing, promosi penjualan, publikasi, dan personal selling atau yang disebut Promotion Mix (Morissan,
2010). Adapun film Vina sebelum 7 hari menggunakan
internet marketing yaitu melalui
media sosial khususnya Instagram dikarenakan selain lebih menghemat biaya,
banyak generasi muda yang beralih ke Instagram dibandingkan media sosial
lainnya Promosi
melalui internet marketing ini dilakukan dengan cara mengunggah teaser
dan juga poster film pada profile maupun story.
Peranan poster film sangat penting dalam promosi sebuah
film. Maka dari hal tersebut, dalam pembuatan poster film harus dipertimbangkan
secara matang agar dapat mengkomunikasikan secara efektif, mampu menunjukkan identitas
yang kuat sekaligus bisa menjadi
suatu bentuk karya seni. Poster berisikan informasi
tidak hanya lewat berupa tulisan, tetapi juga lewat berupa ilustrasi, maupun
foto.
Oleh karena itu penulisan ini bertujauan untuk menganalisis
makna tanda dan mengetahui bagaimana keterkaitan elemen visual yang pada poster
film Vina Sebelum 7 sehingga mendeskripsikan cerita film tersebut menggunakan
pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif.
METODE PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat
deskriptif dengan studi literatur berdasarkan teori semiotika roland Barthnes. Pengumpulan data dilakukan dengan
cara observasi terhadap objek-objek yang terkait dengan film Vina Sebelum 7
Hari yaitu seperti menyaksikan trailer video dari film Vina Sebelum 7 Hari,
menyaksikan film Vina Sebelum 7 Hari, melakukan observasi terhadap akun media
sosial instagram film Vina Sebelum 7 Hari, kemudian menyaksikan video-video
review film Vina Sebelum 7 Hari di Youtube, dan juga melengkapi data-data
lainnya dengan studi literatur dari jurnal, artikel terkait. Kemudian menggunakan salah satu teknik dalam menganalisis
data yaitu dengan teknik
analisis visual mengenali makna denotatif dan konotatif pada elemen poster.
HASIL DAN
PEMBAHASAN
![]() |
Gambar 1. Poster Film Vina Sebelum 7 Hari (2024) oleh Sineas Anggy Umbara
|
Gambar
Gambar yang ditampilkan oleh desainer pada poster film
Vina Sebelum 7 Hari dibuat dengan visualisasi tokoh utama, Nayla D Purnama. Dimana hasil dari foto diperoleh
ketika proses syuting adegan telah selesai, sehingga kesan ketakukan terlihat
jelas. Poster menampilkan karakter Vina
dengan rambut tergerai dan sejumlah bilur luka dan darah. Tersungkur di jalanan
beraspal dengan wajah tampak merana menahan rasa sakit serta keadaan
fisik tangan Vina yang patah. Menjadi penggambaran lemah dan tak berdayanya
sosok Vina ketika harus berhadapan dengan anggota geng motor ketika ingin
melawan dan menyelamatkan diri dari penganiayaan.
Dengan
visualisasi latar 11 orang yang diduga sebagai pelaku dari kasus Vina yaitu
sekelompok geng motor. Delapan orang yang telah diamankan diantaranya : Jaya,
Supriyanto, Eka Sandi, Hadi Saputra, Eko Ramadhani, Sudirman, Rivaldi Aditya
Wardana, dan Saka Tatal. Sementara tiga pelaku lainnya hingga kini belum
tertangkap alias masih buron.
Dimana dalam film diceritakan bahwa Vina mendapat perlakuan tidak senonor
secara bergilir dari anggota geng motor tersebut dan perlakuan bulliying hingga
merenggut nyawa Vina dan pacarnya. Terlihat bahwa salah satu dari pelaku
membawa kayu balok yang diselidiki merupakan alat untuk menjatuhkan kendaraan
korban hingga ke aspal, saat itu Vina diboncengi pacarnya, Rizky/Eky. saja.
Tempat
kejadian pada poster film Vina merupakan tempat dimana Vina dan pacarnya mengehmbuskan
nafas terakhirnya. Tepatnya di fly over Cirebon atau jalan layang di Desa
Kepongpongan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Yang mana mulanya
polisi menduga sejoli itu merupakan korban kecelakaan lalu lintas. Namun
kejanggalan pada luka-luka yang terlihat di tubuh korban, membuat polisi curiga
bahwa Vina dan Rizky adalah korban pembunuhan.
Dengan
suasana poster film yang gelap dengan lampu penerangan yang minim memberikan
kesan mencengkam, kecemasan, ketakutan, kekuatan satu pihak sedangkan pihak
lainnya takberdaya, sehingga memberikan sebuah pesan kepada penonton pengenai
cerita film Vina Sebelum 7 Hari.
Makna Denotasi |
Makna Konotasi |
Vina tersungkur ke aspal |
penggambaran lemah dan tak berdayanya
sosok Vina ketika mendapatkan penganiayaan, ancaman, kekerasan. |
Latar 11 orang |
Pendugaan bahwasannya pelaku penganiayaan
dan pelecehan dalam kasus Vina berjumlah 11 orang. |
Motor |
Bahwasannya pelaku kasus Vina merupakan
anggota geng motor. |
Latar jembatan |
Menjadi reka ulang adegan kasus Vina 2016
bahwa kejadian tumpah darah berlangsung di Jembatan |
Tipografi
Dengan
adanya perkembangan zaman, tipografi digunakan untuk keperluan dalam sebuah
desain. Tipografi adalah seni tentang mendesain, mencipta, memilih dan memilah,
menata dan mengorganisir huruf dalam segala aspek ketentuan yang meliputi
dirinya dan berkaitan erat dengan estetika serta komunikasi yang efektif karena
mampu mewakili konsep dan inti pesan yang disampaikan melalui karakter serta
ciri khas huruf yang dimilikinya (Maharsi, 2013).
Dalam
poster film Vina Sebelum 7 Hari menggunakan jenis font serif yaitu terlihat
pada bagian atas poster “Dee Company present from producer Dheeraj Kalwani A
Film By Angga Umbara” dengan tulisan uppercase dan memebold kata yang dituju
dengan tujuan agar informasi terbaca. Dimana Dee company merupakan rumah
produksi film Vina Sebelum 7 Hari, yang di produseri oleh Dheeraj Kalwani A dan
Angga Umbara sebagai penulis scenario.
Selanjutnya
font serif juga terlihat pada judul film “Kisah Nyata Al- Fatihah Untuk
Almarhumah Vina Sebelum 7 Hari” dengan tulisan uppercase dengan tujuan agar
informasi terbaca dengan jelas. Dimana tulisan “Kisah Nyata Al- Fatihah Untuk
Almarhumah” merupakan bentuk doa untuk almarhum dari para pemain, penonton dan
masyarakat luas. Sedangkan “Vina Sebelum 7 Hari” beracu pada kejadian
sesungguhnya ketika terungkap Vina merasuki tubuh sahabatnya, yaitu Linda
(Gisellma Firmansyah). Dimana teman dekat korban hanya punya waktu sebelum tujuh
hari usai kepergiannya untuk membuka kebenaran tragis yang sebenarnya terjadi.
Di
bawah judul film tertulis beberapa nama pemain film yang telibat menggunakan
font serif dengan ukuran kecil. Dilanjut dengan beberapa nama tim crew
menggunkan font sans serif yang sangat tipis. Tertera juga social media rumah
produksi film Dee Compony dengan font serif. Dan bagian paling bawah tertulis
tanggal penayangan film 8 Mei 2024 dengan ukuran font serif lebih sangat besar
dibandingkan font font di atasnya. Dengan tujuan agar penonton dapat
memfokuskan matanya pada promosi penayangan film.
Makna Denotasi |
Makna Konotasi |
Judul “Vina Sebelum 7 Hari” |
beracu pada kejadian yang menimpa
Almarhum Vina, sesungguhnya ketika terungkap Vina merasuki tubuh sahabatnya,
yaitu Linda (Gisellma Firmansyah). Dimana teman dekat korban hanya punya
waktu sebelum tujuh hari usai kepergiannya untuk membuka kebenaran tragis
yang sebenarnya terjadi. |
Dee Company |
Menjadi identitas bahwasannya Film
Vina Sebelum 7 Hari diproduksi oleh rumah Film Dee Company |
A Film By Angga Umbara |
Menjadi identitas kepemilikan
bahwasannya cerita film Vina Sebelum 7 Hari ditulis oleh Angga Umbara |
Dheeraj Kalwani |
Menjadi identitas bahwasannya film
tersebut diproduseri oleh Dheeraj Kalwani |
Warna
Penggunaan
warna pada poster film Vina Sebelum 7 Hari menggunakan warna yang mencerminkan tema dan suasana cerita film. Dimana
latar suasana menggunakan tone warna gelap hitam mengarah ke abu dengan
memfokuskan penerangan pada objek utama sehingga menimbulkan point of interst.
Desainer poster memberikan efek vignette gelap pada objek utama yang menimbulkan
kesan mencengkram dan ketakutan. Penggunaan warna merah pada poster film horor memeberikan
kesan jelas bahwa ada pertumpahan darah yang terjadi dalam cerita film.
Warna
pada sebagian font didesain menggunakan warna putih agar pesan yang ingin
disampaikan dapat terbaca oleh penikmat. Adapun pada judul film “Vina’ menggunakan
warna font abu berpadu dengan warna putih memberikan kesan menakutkan karena
film termasuk kedalam cerita horror tragis. Sedangkan pada tulisan “Sebelum 7 Hari”
menggunakan warna merah gelap yang melambangkan bahaya, darah, atau kekerasan.
Makna Denotasi |
Makna Konotasi |
Tone warna gelap |
menimbulkan kesan mencengkram dan
ketakutan. |
Warna merah |
memeberikan kesan jelas bahwa ada
pertumpahan darah yang terjadi dalam cerita film. |
Tata Letak
Untuk
bagian layout poster ini memiliki sequence atau arah baca berbentuk huruf ‘I’
yang keterbacaannya dimulai dari tengah menuju ke bawah, dalam poster ini anatomi
secara keseluruhan disimpan di bagian bawah poster seperti terdapat logo Dee Company,
Umbara Brother Film. Sementara di bagian footer disematkan tanggal perilisan
film bertuliskan 8 Mei 2024.Secara keseluruhan visualisasi yang dipakai dalam
poster promosi film ini dibuat dengan teknik fotografi yang menimbulkan kesan
realistis serta pemeran utama Vina yang sedang tersungkur di aspal sebagai
point of interest dalam desain posternya dengan latar pelaku yang blacklight.
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil analisis yang telah dipaparkan dapat disimpulakn bahwasannya dalam poster film Vina Sebelum 7 Hari terdapat beberapa elemen desain yang saling berkaitan satu sama lain sehingga pesan dari cerita film dapat tersampaikan kepada penonton atau penikmat poster. Dimana setiap elemen terdapat makna denotasi dan konotasi yang terkandung di dalamnya sehingga almarhum Vina bisa mendapat keadialan seadil adilnya.
DAFTAR PUSTAKA
Dinanto,
Wawan. 2024. Poster Film Vina: Sebelum 7
Hari Dibintangi Nayla D Purnama Rilis, Disertai Pesan: Bully Tak Boleh
Dibiarkan!.. https://www.liputan6.com/showbiz/read/5562019/poster-film-vina-sebelum-7-hari-dibintangi-nayla-d-purnama-rilis-disertai-pesan-bully-tak-boleh-dibiarkan?page=2. Diakses pada 19
Juni 2024.
Tedy.
2024. Poster Film Vina: Sebelum 7 Hari
Dibintangi Nayla D Purnama Rilis, Disertai Pesan: Bully Tak Boleh Dibiarkan!.
https://prabumulihpos.bacakoran.co/read/4039/poster-film-vina-sebelum-7-hari-dibintangi-nayla-d-purnama-rilis-disertai-pesan-bully-tak-boleh-dibiarkan. Diakses pada 19 Juni 2024.
Komentar
Posting Komentar